4 Langkah Memperbanyak ASI Sesaat Setelah Melahirkan

4 Langkah Memperbanyak ASI Sesaat Setelah Melahirkan

Siapa yang tidak ingin memiliki produksi ASI yang banyak? Selain penting untuk anak, terkadang ada ibu yang merasakan kebanggan tersendiri ketika ia mampu memproduksi ASI dalam jumlah yang besar. Hal ini disebabkan beberapa ibu tidak bisa menghasilkan ASI dalam jumlah yang besar sesuai dengan kebutuhan bayinya.

Hal ini menyebabkan banyak dari ibu yang baru melahirkan atau yang akan melahirkan mencoba mencari solusi untuk masalah cara memperbanyak ASI yang bisa mereka lakukan dan pelajari sendiri agar dapat menghasilkan ASI untuk mencukupi kebutuhan anaknya. Bagi Anda yang juga ingin memproduksi ASI dalam jumlah yang besar, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin memperbanyak ASI Anda.

Mengetahui penyebab ASI tidak keluar secara fisik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ada ibu yang sejak melahirkan mampu memprodukasi ASI dalam jumlah yang besar tapi ada juga yang belum bisa memproduksi ASI. Bahkan dalam kurun waktu 1 bulan, ASI yang diproduksinya masih dalam jumlah yang kecil sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan bayi.

Jika dalam kasus seperti ini ibu pasti merasa sangat bingung karena disatu sisi ia ingin memberikan ASI ekslusif tapi disisi lain anak membutuhkan asupan yang cukup untuk tubuhnya. Hal ini pasti akan menyebabkan dilema dan stress.

Tapi sebelum Anda stress Anda perlu terlebih dahulu mengetahui hal-hal yang menyebabkan ASI Anda tidak keluar dan jika memungkinkan Anda bisa memperbaikinya. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan produksi ASI Anda menjadi kurang lancar yang mungkin Anda alami.

Kurang stimulasi

Air susu ibu memang keluar secara natural. Akan tetapi untuk memperbanyak ASI dan menjamin kelangsungan produksinya Anda perlu melakukan stimulasi dari anak Anda. Ketika anak lebih sering menyusu secara langsung pada ibunya maka stimulasi produksi ASI juga akan makin besar. Beda halnya jika Anda memompa ASI Anda.

Pompa ASI juga merupakan salah satu stimulasi untuk menghasilkan ASI. Akan tetapi memompa merupakan salah satu hal yang cukup menyulitkan. Oleh karena itu banyak ibu yang tidak sabar dan akhirnya mengentikan kegiatan memompanya.

Hal ini dapat menyebabkan produksi ASI menjadi terhenti. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin produksi asinya banyak, berikan semaksimal mungkin waktu yang Anda miliki untuk menyusui anak Anda atau memompa ASI Anda sehingga produksi ASI Anda dapat makin lancar dan makin banyak.

Konsumsi yang tidak seharusnya

Seperti ibu yang sedang hamil. Ibu yang menyusui juga harus memperhatikan apa yang masuk dalam tubuhnya. Usahakan konsumsi yang Anda lakukan merupakan konsumsi bahan-bahan yang aman dan memberikan dorongan dalam produksi ASI. Hindari hal-hal yang mungkin akan membahayakan nyawa Anda dan juga bayi Anda seperti kafein, alkohol dan juga rokok.

Konsumsi hal-hal tersebut bukan hanya membahayakan nyawa jika dikonsumsi jangka panjang. Bagi Anda yang mengkonsumsinya juga akan mempengaruhi jumlah produksi ASI yang Anda miliki. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi hal-hal tersebut maka segera sudahi agar dapat memperbanyak ASI Anda.

Obat-obatan

Sering kali setelah melahirkan ibu memasang pil kb untuk mencegah kehamilan lainnya. Hal ini memang bukan merupakan hal yang salah, akan tetapi konsumsi obat-obatan seperti pil kb juga bisa mempengaruhi produksi ASI. Selain obat berupa pil kb ada juga obat-obat yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit ASI yaitu obat pelega napas diuretik dan obat-obat dari golongan antihistamin.

Bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI maka sebaiknya hindari penggunaan obat seperti yang telah disebutkan sebelumnya, atau jika tidak lakukan konsultasi pada dokter yang Anda miliki sehingga obat yang Anda butuhkan tidak mempengaruhi jumlah ASI yang Anda produksi.

Menimbulkan keinginan menyusui dan meningkatkan rangsangan

Menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan produksi ASI menipis merupakan hal yang paling tepat dilakukan sebagai langkah awal agar Anda dapat memproduksi ASI dalam jumlah yang besar. Tapi bukan hanya hal-hal diatas yang dapat menyebabkan produksi ASI menjadi terhambat.

Terkadang produksi ASI menjadi sedikit disebabkan karena ibu sendiri memiliki keengganan untuk menyusui bayinya. Hal ini bisa disebabkan karena banyak hal dan memang harus dibenahi. Salah satu cara untuk membenahi pikiran seperti ini adalah perhatikan dengan seksama kebutuhan anak Anda dan bagaimana masa depannya.

Masa depan anak sangat bergantung pada 6 bulan pertama ia mendapatkan ASI. Jika Anda sudah sadar dengan hal ini maka akan lebih mudah bagi Anda untukmemperbanyak ASI yang Anda produksi. Selain itu berikan rangsangan yang cukup untuk diri Anda seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Hindari stress

Langkah selanjutnya setelah Anda mengetahui penyebab ASI tidak keluar adalah dengan mencari solusinya. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan untukmemperbanyak ASI adalah dengan menghindari stress. Ya. Ibu yang baru saja melahirkan tentunya memiliki tingkat stress yang tinggi. Hal ini disebabkan karena ia berada dalam masa pemulihan dan ia harus memberikan bayinya perhatian dan juga mulai berpikir mengenai kehidupannya kedepan.

Ya, ibu yang produksi asinya tidak lancar pasti akan merasa sangat stress. Akan tetapi stress karena hal ini bukan merupakan langkah yang tepat. Rasa stress tidak akan menyelesaikan masalah Anda dan membantu memperbanyak ASI Anda. Sebaliknya, stress malah akan menyebabkan produksi ASI Anda makin sedikit.

Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI hindari rasa stress. Ketika ASI tidak dapat diproduksi jangan panik dan stress. Berikanlah makanan pengganti seperti air gula atau susu formula. Hanya saja hindari penggunaan empeng dan juga dot. Hal ini akan menyebabkan anak enggan menyusu langsung pada Anda.

Konsumsi makanan yang penting untuk melancarkan produksi asi

Langkah terakhir bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk memperbanyak ASI. Secara fisik Anda harus menganganinya dengan memberikan rangsangan yang tepat, secara mental Anda harus menghindari hal-hal yang menyebabkan produksi ASI menjadi terbatas.

Sekarang secara kimia. Secara kimia tubuh ibu memproduksi ASI dengan bantuan dari 3 hormon yaitu hormon esterogen, prolaktin dan juga oksitosin. Bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI, maka Anda perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan-kandungan yang dapat meningkatkan produksi hormon tersebut dari dalam tubuh.

Untuk jenis makanan yang dapat merangsang produksi hormon tersebut antara lain adalah daun katuk, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dan juga buah-buahan. Konsumsi hari sapi, keju dan juga telur akan membantu untuk memperbanyak ASI dan juga meningkatkan kualitas ASI.

Bagaimana? Informasi yang cukup lengkap bukan? Bagi Anda yang ingin memperbanyak ASI memang perlu menjaga diri dan menerapkannya secara disiplin. Jika dirangkum, step yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui penyebab produksi ASI yang kurang lancar dan mengatasinya dengan menggunakan solusi dari fisik, emosi dan juga kimiawi dalam tubuh. Semoga langkah memperbanyak ASI ini dapat bermanfaat untuk Anda.

ahooramazda